adminadmin
0 Like

Tutorial Belajar Laravel Part 5: Instalasi XAMPP dan Cara Akses PHP dari CMD

Bagi yang baru lanjut dari PHP dasar atau aplikasi PHP biasa, proses instalasi Laravel memang terkesan sedikit rumit, karena dari web resminya sendiri tidak tersedia file Laravel yang bisa di download.

Mengikuti konsep modern, Laravel harus diinstal menggunakan aplikasi “package manager” bernama composer. Selain itu, kita juga perlu PHP yang akan lebih mudah diinstal melalui XAMPP.

Dalam tutorial kali ini kita akan bahas proses instalasi XAMPP dan mencoba mengakses PHP dari cmd.


Install XAMPP

XAMPP merupakan aplikasi standar untuk memproses kode PHP secara local. Saya yakin aplikasi ini sudah tersedia di komputer anda. Jika butuh file installer XAMPP, bisa download dari web resminya di apachefriends.org, kemudian install seperti biasa. Jika butuh tutorial cara install yang lebih lengkap, bisa ke: Cara Menginstall XAMPP.

Laravel versi terbaru (versi 7 pada saat buku ini di revisi), butuh minimum PHP 7.2.5. Artinya kita harus menggunakan XAMPP 7.2.5 ke atas.

Tampilan awal aplikasi XAMPP 7.4



Mengakses PHP dari CMD

Secara “tradisional”, kita biasa mengakses file PHP dari web browser (menggunakan XAMPP). Selain itu sebenarnya PHP juga bisa diakses dari cmd (command prompt), atau terminal kalau di Linux/Mac OS.

Bagi pemula, mengetik perintah di cmd terasa agak menakutkan karena kita tidak bisa melihat apa-apa, hanya layar hitam tanpa tombol apapun yang bisa di klik. Namun cepat atau lambat, cmd akan jadi sahabat yang selalu menemani dalam proses pembuatan aplikasi di Laravel, karena Laravel banyak menggunakan fitur ini.

Bawaan XAMPP terbaru, kita sudah bisa mengakses php langsung dari cmd.

Pertama, silahkan buka cmd Windows. Untuk Windows 10, cara paling cepat adalah dengan klik tombol icon kaca pembesar (search) yang terletak di sebelah icon start menu (tombol Windows), lalu ketik cmd dan klik “Command Prompt“:

Cara menjalankan cmd Windows di Windows 10

Cara menjalankan cmd Windows di Windows 10

Jika aplikasi cmd sudah terbuka, langsung ketik perintah php -v, lalu tekan Enter:

Mengakses PHP dari CMD

Ini artinya kita menjalankan perintah -v ke file php.exe. Perintah -v sendiri berfungsi untuk menampilkan versi PHP. Jika terlihat versi PHP seperti tampilan di atas, maka berarti file php.exe sudah bisa diakses secara global.

Dari teks yang tampil terlihat bahwa di komputer yang saya pakai terinstall PHP 7.4.2. Hasil yang anda dapati bisa berbeda sesuai dengan versi PHP yang di install bersama XAMPP.

Namun jika tampil pesan “‘php’ is not recognized as an internal or external command, operable program or batch file“, artinya php.exe belum bisa diakses secara global. Cara paling mudah, silahkan install ulang XAMPP dengan versi terbaru.

Selanjutnya, kita akan masuk ke cara instalasi aplikasi composer.

*** Artikel Terkait ***

Sumber

Visited 45 Times, 1 Visit today

About admin information

More Stories