adminadmin
0 Like

10 Fitur Menarik di WordPress Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

WordPress dilengkapi dengan banyak fitur menarik dan terus berubah. Beberapa fitur ini mungkin tidak mendapat banyak perhatian dan tetap tersembunyi. 

Di artikel kali ini, kita akan mengetahui 10 fitur WordPress yang menarik yang mungkin Anda belum ketahui.

Menunjukkan atau menyembunyikan berbagai hal menggunakan pilihan layar

Anda mungkin sudah melihat tombol Screen Options pada beberapa halaman di area admin WordPress Anda. Tombol Screen Option ini membantu Anda menunjukkan dan menyembunyikan items di layar admin WordPress yang Anda sedang lihat saat ini.

Photo credit: Google

Banyak pemula tidak menyadari feature ini. Fitur ini membantu Anda menyederhanakan halaman admin seperti layar post edit untuk memenuhi kebutuhan kerja Anda.

Memindahkan, menambahkan, atau menghapus dashboard widget

Secara default, pengguna diarahkan ke halaman dashboard di admin area WordPress ketika mereka login. Halaman dashboard memiliki beberapa shortcut ke bagian berbeda pada website Anda.

Photo credit: Google

Bagian ini dibagi menjadi beberapa kotak berbeda yang disebut dashboard widget. Anda bisa klik pada tombol Screen Options untuk menunjukkan atau menyembunyikan kotak ini. Anda bisa juga menarik dan menata untuk mengatur item di dashboard WordPress Anda.

Menempelkan URL untuk membuat link di visual editor

Banyak pengguna tidak menyadari fitur ini. Daripada  menggunakan popup untuk menempelkan link, mereka bisa cukup menyorot teks dan menekan CTRL + V untuk menempelkan URL. Visual editor akan secara otomatis mengubahnya menjadi link.

Mode aksesibilitas untuk widget

Kita menyukai bagaimana mudahnya menarik dan menempatkan widget pada sidebar. Tapi untuk banyak pengguna tidak mudah untuk menarik dan menempatkan sesuatu menggunakan mouse.

Photo credit: Google

Wordpres juga memiliki mode aksesibilitas tersembunyi untuk widget. Mode aksesibilitas ini mempermudah Anda menambahkan widget tanpa menarik dan meletakkan item.

Mode aksesibilitas untuk widget WordPress bisa diaktifkan dengan mengklik tombol Screen Options pada halaman Appearance >> Widgets.

Preview tema tanpa mengaktifkannya

Banyak pengguna khawatir mengubah tema WordPress mereka akan mengakibatkan konsekuensi yang tidak diinginkan untuk website.

Kekhawatiran ini wajar.

Photo credit: Google

Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menguji tema baru tanpa mengaktifkannya. Cukup instal tema WordPress baru dan lalu masuk ke halaman Appearance >> Themes.

Bawa mouse ke thumbnail tema yang baru diinstal dan lalu klik pada tombol Live Preview. WordPress akan meluncurkan theme customizer yang menunjukkan preview website ketika menggunakan tema baru.

Mengedit gambar di WordPress

WordPress memudahkan Anda menambahkan gambar ke postingan dan halaman. Apa yang pemula tidak ketahui adalah WordPress datang dengan beberapa fitur edit gambar mendasar.

Anda hanya perlu kunjungi halaman Media >> Library dan lalu klik pada gambar mana saja.

Photo credit: Google

Dari detail email popup Anda bisa klik pada tombol Edit Image.

Pada mode editing gambar, Anda bisa crop, memutar, atau mengubah ukuran gambar. Anda Bisa juga melipat gambar di arah horizontal atau vertikal. Fitur edit gambar ini jadi solusi ketika Anda perlu dengan cepat meng-crop atau mengubah ukuran file gambar besar langsung dari WordPresss.

Membagi satu postingan ke beberapa halaman

Photo credit: Google

Anda ingin membagi postingan yang panjang menjadi beberapa halaman? Cukup tambahkan tag <!–nextpage–> di postingan dan WordPress akan membaginya menjadi dua halaman. Tambahkan tag kembali bila Anda ingin membaginya ke halaman yang lebih banyak. Fitur ini khususnya sangat membantu bila Anda menulis artikel yang panjang dan tidak ingin pengguna menggulung terlalu banyak. 

Embed link, video, dan multimedia

WordPress secara otomatis meng-embed konten dari beberapa website yang populer seperti YouTube, Twitter, Instagram, dan sebagainya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menempelkan URL dari situs dan WordPress akan secara otomatis meng-embednya.

Sejak dirilisnya WordPress 4.4, Anda bisa menempelkan URL dari situs WordPress lain ke postingan Anda dan WordPress akan meng-embed postingan untuk Anda.

Menyembunyikan pilihan halaman di WordPress

WordPress memiliki halaman master tersembunyi untuk semua pilihan blog Anda. Halaman ini tersembunyi karena pengguna bisa dengan mudah membuatnya berantakan.

Anda mungkin tidak perlu menggunakannya tapi Anda bisa mengeceknya dengan mengunjungi URL berikut:

http://example.com/wp-admin/options.php

Ganti example.com dengan nama domain Anda sendiri.  Anda akan lihat halaman dengan daftar pilihan panjang. 

Shortcut keyboard untuk membantu menulis lebih cepat

Kebanyakan pengguna WordPress menghabiskan banyak waktu menulis konten. Ini sebabanya pengembang WordPress selalu mencoba meningkatkan pengalaman menulis di WordPress. WordPress memiliki beragam shortcut keyboard yang bisa Anda gunakan untuk menulis lebih cepat.

Selain shortcut ini, Anda bisa juga menggunakan Markdown seperti formatting shortcuts. Cukup masukkan formatting shortcut dan WordPress akan mengubahnya menjadi HTML.

Photo credit: Google
  • Gunakan * atau – untuk mulai daftar yang tidak tersusun rapi
  • Gunakan 1. Atau 1) untuk memulai daftar yang tersusun rapi
  • Gunakan # untuk mengubah menjadi h1. ## untuk h2, ### untuk h3 dan seterusnya
  • Gunakan > untuk mengubah menjadi blockquote.

Anda bisa juga menonaktifkan formatting shortcuts bila menginginkannya.

Semoga artikel ini membantu Anda menemukan fitur WordPress yang menarik yang sebelumnya tidak Anda ketahui.

Source

Visited 52 Times, 3 Visits today

About admin information

More Stories